Tadabbur Sosial 2014
Posted on Jumat, 01 Agustus 2014 at 07.26



Kawan Astonic pasti sudah tidak asing dengan acara tahunan yang dibawahi oleh keasramaan MAN Insan Cendekia Serpong ini. Ya, tadabbur sosial! Pada tahun ini, acara tadabbur social kembali diadakan di masjid Az-Zikra Sentul, Jawa Barat pada tanggal 16-17 Juni 2014.Berbeda dengan tahun lalu, jika tahun lalu Astonic hanya mengikuti separuh dari rangkaian kegiatan dari acara tadabbur social ini dikarenakan kegiatan studi kolaboratif, kali ini Astonic dapat mengikuti kegiatan tadabbur social ini dengan lengkap dari awal sampai akhir.

Tadabbur sosial yang diikuti oleh siswa/i kelas 1 dan 2 MAN Insan Cendekia Serpong ini dimulai pada pukul 09.00 dengan sebelumnya shalat dhuha terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan acara tadabbur social dan masuk ke sesi pertama, yakni pemberian materi mengenai amal sholeh oleh Kyai Habib Muh. Alataz. Dari sesi ini dapat disimpulkan empat hal penting untuk bias menjadi manusia yang soleh dan bermanfaat, yaitu 1) iman yang kuat; 2) berilmu yang bermanfaat; 3) beramal saleh; dan 4) akhlakul karimah.

Setelah sesi pertama berakhir, dilanjutkan dengan shalat dzuhur berjamaah dan tentu saja… makan siang! Sepertinya ini yang ditunggu-tunggu karena selama sesi pertama ternyata tidak ada snack. Nah, sehabis makan siang, ternyata tidak ada acara leyeh-leyeh atau semacamnya. Jadilah acara dilanjutkan ke sesi kedua yang dimulai pada pukul 13.00. Tak disangka, ternyata pembicara untuk sesi ini adalah kak Hilman Madani dari Yayasan Kita dan Buah Hati yang sebelumnya pernah menjadi pembicara juga di tadabbur social tahun lalu. Pada sesi ini kembali dibahas mengenai bahaya pornografi yang dapat merusak otak serta konsentrasi remaja.

Setelah sholat ashar, ternyata masih ada kegiatan yang pernah kita lewatkan tahun lalu yang mungkin bisa dibilang adalah inti dari acara tadabbur sosial; bakti sosial! Dimulai pada pukul 16.00, siswa/i MAN Insan Cendekia Serpong yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 10 orang, pergi mendatangi satu rumah warga di lingkungan masjid Az-Zikra yang dianggap layak untuk diberi bantuan. Disana, siswa/i bersosialisasi dengan warga sekitar dan juga tentunya memberikan buah tangan berupa satu paket sembako. Dengan adanya kegiatan ini, tentunya diharapkan muncul kepedulian social bagi siswa/i MAN Insan Cendekia Serpong terhadap masyarakat yang kurang mampu. Setelah kegiatan ini selesai, siswa/i MAN Insan Cendekia Serpong dipersilakan untuk membersihkan diri, sholat maghrib berjamaah,  serta istirahat untuk kembali menyambut kegiatan selanjutnya.

Sehabis isya dan makan malam, sekitar pukul 20.00, kembali diadakan kegiatan berupa sharing dari alumni. Kali ini, alumni yang dating adalah kakak dari angkatan kelima, yaitu Kak Aad. Disini, Kak Aad menceritakan mengenai perjalanan hidupnya sewaktu menimba ilmu di MAN Insan Cendekia Serpong yang penuh dengan perjuangan dan memberikan motivasi kepada seluruh siswa/i MAN Insan Cendekia untuk dapat meraih cita-cita yang selama ini diimpikan. Sehabis sesi tanya jawab yang ‘menarik’ karena terdapat hadiah berupa kripik apel yang diberikan, para siswa pun dipersilakan untuk kembali ke ruangnya masing-masing untuk beristirahat.

Pada pukul 02.00 dini hari, para siswa dibangunkan kembali untuk melaksanakan qiyamul lail dan menunggu untuk shalat subuh berjamaah. Setelah shalat subuh berjamaah, kami berkesempatan untuk mengikuti kuliah subuh bersama Ust. Arifin Ilham yang ternyata acara ini diliput oleh salah satu stasiun tv swasta.

Setelah sarapan, kembali diadakan sesi kelima, dan topik yang dibahas adalah mengenai aliran sesat yang saat ini sedang marak, khususnya syiah. Pembicara yang diundang adalah bapak Amin  Jamaluddin. Di sesi ini dibahas mengenai bermacam-macam aliran sesat dan cara menghindarinya untuk siswa/i MAN Insan Cendekia Serpong. Setelah sesi Tanya jawab, berakhirlah kegiatan untuk tadabbur sosial kali ini. Untuk kawan Astonic, tak disangka ternyata tadabbur sosial 2014 ini adalah tadabbur sosial tahun kedua sekaligus terakhir karena untuk tadabbur sosial 2015, insya Allah Astonic sudah lulus dari kawah Insan Cendekia :D Semangat untuk melanjutkan di jenjang tertingginya ya, kawan Astonic semua. (dym)

0 Comment:


Post a comment



« Newer Older »


TOP▲
© 2011-2013 ASTONICDR.
Design by Amer Izzat & Powered by Blogger.
Best viewed using Google Chrome with a resolution of 1366 x 667.